Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru Harus Berani Kreatif Hindari Mengajar Secara Monoton

Kemajuan jaman membuat guru harus kreatif untuk merancang pengalaman belajar yang menyenangkan baagi para siswa. Inovsi baru dalam mengajar dan melibatkan siswa secara aktif diperlukan agar peserta didik tidak bosan.

Guru Harus Kreatif Dalam Mengajar

Mengajar di luar kebiasaan sambil tetap memastikan siswa memahami pengetahuan yang diperlukan yang mereka butuhkan menjadi sebuah tantangan untuk guru masa kini. Namun tentu kreatifitas bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja.

Dibutuhkan kerja keras untuk menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas. Bagi guru, menumbuhkan kreatifitas mungkin sulit meski bukan tidak mungkin. Dengan mencapai hal itu, akan tercipta lingkungan kelas yang lebih berwana  dan menyenangkan bagi siswa dan juga bagi guru sendiri.

Mengapa Guru Harus Kreatif Dalam Mengajar

Mengapa guru harus kreatif ? Dengan kreatifitas yang dimiliki, seorang guru akan mampu menghidupkan suasana belajar. Hal ini akan menghindarkan siswa dari rasa bosan dari metode pembelajaran yang terus berulang.

Seorang guru yang kreatif harus memiliki inovasi dan variasi yang memberi warna baru dalm kegiatan belajar mengajar. Sebaliknyaa, guru yang kurang kreatif akan membuat suasana belajar monoton, sehingga siswa mudah kehilangan fokus belajar.

Bagaimana Menjadi Guru Kreatif ?

Setiap guru wajib memiliki metode dalam mengajar yang disesuaikan pengetahuan serta kondisi pembelajaran.

Dengan pengetahuan serta kepekaan dengan kondisi belajar, guru harus mampu membuat siswa menjadi aktif dalam belajar agar tetap fokus dalam menerima pengetahuan. Dibawah ini merupakan langkah – langkah untuk menjadi guru kreatif :

Memanfaatkan Teknologi

Dengan kemajuan teknologi, banyak kemudahan akses untuk mendapatkan literatur mulai dari buku, hingga sumber-sumber pengajaraan online  yang dapat membantu perkembangan sebagai guru.

Penting juga untuk selalu belajar tentang hal-hal lain untuk membawa lebih banyak wawasan ke dalam kelas.

Memakai Analogi Sederhana

Untuk menghindari kejenuhan dalam suasana belajar, guru harus kreatif dalam memberikan materi pembelajaran. Cobalah untuk memberikan analogi sederhana yang ada di lingkungan siswa.

Misalnya, jika ingin mengajar tentang materi tenggang rasa guru bisa mengambil contoh dari hubungan siswa dengan teman – temannya.

Membuka Ruang Diskusi

Diskusi dibutuhkan agar guru bisa melihat karakteristik siswa. Setiap siswa memiliki kemampuan dan kesenangan masing – masing, maka menyesuaikan metode pembelajaran dengan hal tersebut dapat mendorong keaktifan pembelajaran.

Itu juga akan membantu menggunakan kemampuan mereka, yang akan memberikan efek positif pada pembelajaran dimana mereka akan lebih nyaman dalam menerima pelajaran atau mengerjakan sebuah tugas.

Berbagi Ide dengan Guru lain

Berbagi dengan teman sejawat dapat membantu seorang guru untuk menemukan ide – ide baru. Ide tersebut mungkin tak akan digunakan secara langsung. Namun dengan banyaknya ide telah ditampung, maka akan sangat mudah untuk mengaplikasikannya di saat yang tepat.

Mengajar Dengan Menyenangkan 

Guru yang kreatif akan mampu menghindari tindakaan yang membuat siswa tertekan ketika menerima sebuah materi. Mereka selalu berusaha membuat siswa merasa nyaman dengan metode pembelajaran yang diberikan.

Dengan cara tersebut suasana belajar menjadi lebih hidup dimana siswa akan menjadi lebih bersemangat dan fokus.

Kooperatif 

Guru harus menyadari kelemahannya sebagai seorang manusia. Untuk itu guru yang kreatif hedaklah mampu bekerjasamaa dengan guru lain bahkan siswa. Pola pikir ini akan membantu memotivasi guru untuk terus berkembang dan terbiasa dalam menerima kritikan

Baca Juga : Penyebab Anak Usia Sekolah Sulit Diatur

Pada akhirnya, seorang guru harus kreatif dan keluar dari zona nyaman yang hanya menjalankan rutinitas harian mengajar yang akan menyebabkan kebosanan pada siswa.

Menjadi guru yang kreatif membutuhkaan kerja keras, keseriusan dan pengabdian untuk memberikan pengetahuan pada siswanya.

Post a Comment for "Guru Harus Berani Kreatif Hindari Mengajar Secara Monoton"