Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Anak Usia Sekolah Sulit Diatur Oleh Orang Tua

Informasi tentang apa saja penyebab anak usia sekolah sulit diatur, tentu dicari oleh orang tua yang memang mengalami masalah anak yang sulit diarahkan. Kerapkali, anak sekolah dasar memang muncul kenakalan sebagai bentuk ekspresi dirinya.

Penyebab Anak Usia Sekolah Sulit Diatur

Dibanding anda memberikan pandangan buruk terhadap anak akan lebih baik untuk mencari penyebabnya. Ada sejumlah penyebab mengapa anak usia sekolah sulit diatur yang banyak dialami oleh para orang tua. Berikut ini adalah sejumlah penyebab tersebut.

Penyebab Anak Usia Sekolah Sulit Diatur

1. Keluarga yang Kurang Harmonis

Dari segi kepribadian, lingkungan keluarga punya peran besar untuk menjadi penyebab anak usia sekolah sulit diatur. Sebelum belajar ke lingkungan sosial, anak-anak terlebih dahulu meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Pada keluarga yang kurang harmonis atau buruk, biasanya akan lebih mudah anak untuk bersikap buruk. Demikian juga sebaliknya. 

Lingkungan yang kurang harmonis, seringkali memunculkan efek buruk dari dalam diri anak. Contohnya, rasa tidak nyaman dan benci akhirnya membuat anak lebih mudah berontak. Mereka belum paham bagaimana cara berperilaku yang benar dan baik, sehingga mengekspresikan dirinya juga dengan cara salah. 

2. Kurang Perhatian

Pada usia anak sekolah dasar, memang membutuhkan kasih sayang dari orangtuanya. Tidaklah mengherankan, karena di usia ini anak ingin diakui tentang keberadaannya di dalam keluarga. Namun sayangnya, karena berbagai alasan misalnya kesibukan maka orang tua lalai akan kewajibannya ini.

Padahal, hal yang paling utama bagi seorang anak selain pemenuhan kebutuhan hidup juga kasih sayang dan perhatian orang tua. Jika keduanya tidak cukup, anak bisa saja mempertanyakan tentang keadaan itu.

Anak mulai berpikir Apakah orang tuanya sayang ? Atau kenapa tidak seperti orang tua teman-temannya?. Keadaan ini membuat anak airnya berekspresi dengan kenakalan yang dilakukan.

3. Pendidikan Agama Kurang

Dapat dikatakan bahwa pendidikan agama menjadi tameng yang harus ditanamkan setiap hari oleh para orang tua. Agama memberikan fondasi kuat dalam menjalani kehidupan baik hubungannya dengan manusia maupun dengan Tuhan.

Dalam agama diajarkan berbagai nilai mulai dari menghargai sesama, bersikap toleran, ketaatan kepada orang tua dan Tuhan, serta akhlak. 

Orang tua jangan hanya menyuruh anak-anak untuk beribadah saja namun juga turut ikut mencontohkannya. Melakukan ibadah misalnya shalat berjamaah ke tempat ibadah bersama anak, menjadi salah satu hal yang bagus dilakukan.

Mereka akan lebih bersemangat dan kepribadiannya lebih baik lagi manakala lebih sering dekat dengan Tuhan. 

4. Kreativitas Tidak Tersalurkan

Kenakalan yang dilakukan oleh anak juga kerap kali timbul karena merasa tertekan oleh aturan-aturan yang diberikan orang tuanya. Pada dasarnya, inilah kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh para orangtua.

Sebenarnya, sebagai orangtua memang memiliki hak untuk mengatur kegiatan anak. Namun, jangan sampai berlebihan dan akan lebih baik jika Apa yang dilakukan anak disalurkan ke hal-hal positif.

5. Pengaruh Kehidupan Sosial

Apa yang dilakukan anak-anak memang juga dipengaruhi oleh kehidupan sosialnya. Oleh karena itu, sebaiknya anak-anak usia sekolah dasar bergaul dengan teman-teman seusianya. Jangan biarkan anak-anak terlalu sering bermain dalam bergaul dengan orang yang sudah remaja atau dewasa. Dikhawatirkan, mereka mencontoh perilaku negatif dari temannya.

Baca Juga : Guru Ujung Pendidikan Membentuk Karakter Bangsa

Demikianlah informasi mengenai apa saja penyebab anak usia sekolah sulit diatur ?. Memiliki anak memang suatu hal yang berat karena juga harus disertai dengan tanggung jawab dari orang tuanya.

Jika anak usia sekolah menunjukkan perilaku sulit diatur, Jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa jadi masalahnya semakin besar dan anak makin sulit diarahkan.

Post a Comment for "5 Penyebab Anak Usia Sekolah Sulit Diatur Oleh Orang Tua"