Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Harus Dilakukan Dan Dihindari Untuk Membuat Anak Cerdas

Para orang tua pastinya ingin mempunyai buah hati yang cerdas. Anda bisa mencoba tips pola asuh anak berupa yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas maupun yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas.

Membuat Anak Cerdas

Kedua hal tersebut ada dalam pola asuh terhadap anak sehingga mampu mengembangkan kemampuan bidang intelegensi buah hati lebih optimal. Perlu anda ketahui pengaruh tingkat kecerdasan anak ada dua faktor yaitu bilogis serta eksternal.

Adapun faktor biologis dipengaruhi secara langsung oleh banyak hal. Contohnya genetic baik dari ibu maupun ayah, bisa juga nutrisi yang ibu konsumsi selama masa kehamilan berlangsung. Faktor lainnya bisa juga penyakit yang diderita anak itu sendiri maupun saat ibu hamil.

Sedangkan faktor eksternal juga berpengaruh terhadap IQ milik anak. Faktor tersebut berupa gaya parenting buah hati serta lingkungan tempat anak itu bersosialisasi.

Cara yang Harus Dilakukan dan Dihindari Untuk Membuat Anak Cerdas

Terdapat yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas juga yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas. Pasalnya membuat anak Anda menjadi cerdas tidaklah cukup dengan membelikannya banyak mainan edukatif maupun memasukkannya dalam lembaga pendidikan terbaik bahkan mahal sekalipun. Sebaliknya justru anak cerdas berasal dari pola asuh terhadap buah hati yang tepat serta efektif.

Pola asuh tersebut berasal dari proses panjang juga komplek terhadap anak itu sendiri. Berikut ini trik yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas serta yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas.

1. Tidak Mendikte Buah Hati

Upaya yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas sekaligus yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas adalah dengan tidak mendikte mereka. Perlu Anda ketahui, anak yang cerdas akan lahir saat ia dibiarkan mengembangkan imajinasi maupun bermain sesuka hatinya.

Para orang tua mungkin saja tergoda mengatur jadwal buah hati sedemikian rupa sehingga ia mendapatkan keahlian yang berguna agar bsia mengasah otak.

Akan tetapi para psikolog berkata hal itu malah keliru. Sehingga sebaiknya bebaskan anak melakukan apa saja yang ia suka. Bahkan termasuk berinteraksi secara langsung dengan komputer maupun gawai. Kendati demikian jangan lupa tetap memberikan batasan dan mengawasi saat anak menggunakan gawai tersebut. 

2. Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Penggunaan teknologi yang sesuai termasuk cara yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas dengan hal tertentu yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas. Perkembangan di bidang teknologi dapat membantu orang tua menciptakan anak yang cerdas kalau memaksimalkan berdasarkan potensinya.

Siapa saja dapat memakai teknologi berupa virtual reality sehingga mengajarkan lebih banyak hal terhadap buah hati mereka.

Contohnya saja bermain jenis olahraga tertentu maupun memperkenalkan buah hati pada hewan prasejarah yang pada dasarnya sudah punah.

3. Mendukung Dengan Pertemanan yang Sehat

Memang seharusnya anak-anak bermain dengan siapa pun. Tetapi orang tua berhak membatasi anak dalam bergaul bersama teman-teman yang terbilang toxic sehingga ia tak terpengaruh dengan jenis pergaulan macam itu.

Baca Juga :  Cara Mengajarkan Anak Membela Diri Saat Menghadapi Bully

Salah satu ciri teman toxic adalah saat teman buah hati Anda tak hanya pernah mengapresiasi namun juga kerap meremehkannya.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat anak cerdas maupun yang harus dihindari untuk membuat anak cerdas penting untuk dilakukan para orang tua. Dengan demikian anak Anda bisa menjadi pribadi cerdas.

Post a Comment for "Yang Harus Dilakukan Dan Dihindari Untuk Membuat Anak Cerdas"